Tips Mudah Partisi Harddisk Internal dan Eksternal (1)

Software untuk mempartisi harddisk.
Mempartisi Harddisk merupakan cara untuk membagi harddisk secara virtual ke dalam beberapa volume. Hal ini lazim dilakukan, terutama jika harddisk yang dimiliki berukuran cukup besar. Namun banyak juga yang belum memahami bagaimana cara mempartisi. Oleh karena itu saya akan memberikan tips cara mudah untuk mempartisi harddisk yang saya bagi dalam 2 artikel.
Sebelum mempartisi harddisk yang anda miliki, ada baiknya anda melihat keuntungan dan kerugian melakukan partisi harddisk.

Keuntungan melakukan partisi yaitu :
  1. Memisahkan antara data sistem dan data pribadi.
  2. Dapat digunakan untuk membuat multiboot setup.
  3. Melindungi dan mengisolasi data. Jika salah satu partisi corrupt/rusak, partisi lain kemungkinan tidak ikut terpengaruh.
  4. Mempercepat proses loading saat membaca file. Contohnya, sebuah harddisk yang hanya memiliki satu partisi bersistem NTFS, akan memiliki MFT yang sangat besar dan umumnya membutuhkan waktu yang lebih lama daripada harddisk dengan MFT yang lebih kecil (karena dibagi dalam beberapa partisi).
  5. Mempercepat waktu yang digunakan apabila kita melakukan pengecekan sistem, comtohnya dengan "checkdisk" atau saat membuat full image backup.

Sementara itu kerugian melakukan partisi adalah :
  1. Mengurangi total ukuran harddisk yang bisa digunakan untuk menyimpan data, karena OS akan membuat beberapa area sistem di setiap partisi.
  2. Mengurangi performa dari harddisk. Jika harddisk tersebut digunakan secara rutin dan partisi-partisi didalamnya diakses secara bersamaan, akan memaksa harddisk melakukan proses baca tulis  lebih banyak.
  3. Meningkatkan fragmentasi dari harddisk.
  4. Akan mencegah penggunaan harddisk secara keseluruhan. Contohnya meskipun harddisk anda berukuran 10 GB, lalu anda partisi menjadi 2 partisi masing-masing 5 GB, maka anda tidak bisa menyimpan 1 file yang berukuran lebih dari 5 GB. Karena masing-masing partisi terbatas hanya bisa menyimpan hingga 5 GB. (Tidak berlaku bila file tersebut dibagi-bagi menjadi beberapa file dengan ukuran masing-masing bagian kurang dari 5 GB).
 Nah, apabila anda sudah memahami keuntungan dan kerugiannya, silahkan langsung menuju artikel saya mengenai partisi harddisk bagian kedua.

Posting Komentar