10 Hal yang Harus Dihindari Web Creator

Tentunya anda tidak ingin website yang anda miliki, sepi dari pengunjung ataupun dibanned oleh search engine. Oleh karena itu ada beberapa hal penting yang harus anda hindari dalam pembuatan website. Kali ini saya akan membagikan tips internet dan SEO mengenai 10 hal yang harus dihindari oleh seorang pembuat web atau web creator.

  • Memasang banner secara berlebihan. Batasi jumlah  banner yang anda tayangkan, maksimal 2 dan idealnya cukup 1 banner. Banner yang terlalu banyak akan memperlambat akses website dan mengganggu konsentrasi pengunjung website anda.
  • Menggunakan Javascript yang bersifat dekoratif. Penggunaan Javascript seperti salju turun, halaman bergoncang - goncang setiap 15 detik, dsb hanya akan mengganggu pengunjung dan terkesan norak. Oleh karena itu hilangkan JS tersebut.
  • Animasi Flash sekedar agar keren. Flash adalah sebuah inovasi bagus, bila digunakan dengan tepat (di YouTube, misalnya). Tapi, jangan gunakan untuk animasi-animasi yang berkelap-kelip, bergoyang-goyang, dan melakukan apa saja, termasuk mengusir pengunjung anda. Saya tidak peduli dengan teks bergoyang-goyang anda itu, kecuali membuat saya merasa bahwa website anda tidak berkualitas. Terutama hindari Flash untuk menu, karena search engine tidak bisa mengikuti link tersebut ke halaman-halaman anda yang lain.
  • Memasang tombol navigasi yang berantakan. Susunlah tombol navigasi agar terlihat rapi dan mudah digunakan. Sebisa mungkin jangan gunakan gambar sebagai tombol navigasi, karena dapat memperlambat akses website anda. Pengunjung tidak menyukai website yang memakan waktu lama saat diakses.
  • Menampilkan animasi yang tidak penting. Gunakan animasi seperlunya, jangan terlalu berlebihan karena dapat mempengaruhi konsentrasi pengguna ketika sedang membaca informasi. Selain itu, animasi juga dapat menghambat akses ke halaman situs anda. Sebuah animasi yang bagus bukan menjadi jaminan bahwa situs Anda menarik perhatian pengunjung.
  • Membuat Flash Page. search engine tidak membaca image, dan mereka melihat Flash sebagai giant image. Flash dan search engine juga bukan kombinasi yang bagus. Jika anda tidak punya extensive alternative HTML yang muncul ketika Flash tidak dijalankan, maka site tidak akan terangking dengan baik di search engine. Pastikan mengetes site dengan browser saat flash dimatikan untuk mencari tahu apa yang dilihat search engine.
  • Menggunakan frame. Jika terpaksa harus menggunakan Frame, gunakan secara tepat. Pada dasarnya, penggunaan Frame dalam sebuah situs akan berkesan tidak profesional. Hindari halaman yang memerlukan  “scroll”, ini mengakibatkan pengujung kurang nyaman untuk mencari informasi sehingga akan cepat-cepat “kabur” dari situs Anda.
  • Menampilkan iklan pop-up dalam website. Buang iklan pop-up anda. Tidak ada pengunjung yang menyukai iklan pop-up karena sangat mengganggu dan membuat bosan.
  • Menayangkan iklan secara berlebihan. Walaupun anda butuh dana, jangan cemari website anda dengan iklan-iklan yang tidak terkira banyaknya. Apalagi sampai mengganggu isi postingan anda. Hal ini akan membuat pengunjung tidak betah berlama-lama di website anda.
  • Membuat teks yang berwarna mirip ataupun sama dengan warna background. Ini hanya akan menyulitkan pengunjung untuk membaca artikel anda. Selain itu akan dianggap oleh search engine sebagai spam dan akan langsung dibanned. Ingat, search engine mengerti CSS, warna font dan warna background. Mereka juga mengenali jika ukuran font 1x itu tidak mungkin terbaca manusia. Text yang tidak terbaca oleh manusia tapi tampak oleh seach engine akan dianggap sebagai spam dan langsung di ban.
Ok, cukup sekian artikel tips internet dan SEO saya kali ini. Semoga dapat bermanfaat, khususnya bagi anda, para pembuat web ataupun blog.

Posting Komentar