Apa itu Root Android?

Pernah dengar kata root? Root yang akan dibahas kali ini adalah root yang berkaitan dengan android, jadi lupakan semua kata root yang lainnya.. Hehe :)
Oke, kita mulai dari definisinya. Root adalah hak akses tertinggi yang dimiliki suatu user. Jadi jika android kita sudah di-root, kita bisa mengutak-atik sistem. Kita juga bisa menginstall dan menikmati aplikasi yang menyaratkan rooting. Contohnya Root Explorer, App Remover, font changer, dsb. Dan biasanya setelah proses rooting, akan ada aplikasi yang bernama Superuser, yang berguna untuk mengontrol atau mengatur hak akses suatu aplikasi.

Berikut beberapa keuntungan melakukan rooting :

  1. Bisa meng-overclock CPU android.
  2. Bisa menghapus aplikasi-aplikasi sistem, seperti Gmail, dll.
  3. Memberi akses administrator.
  4. Bisa memindah-mindah aplikasi ke SD Card.
Dibalik keuntungannya, adapula kerugiannya. Kerugiannya yaitu garansi akan hilang, jadi hati-hati bagi yang ceroboh atau teledor dengan androidnya, mending pikir dua kali sebelum melakukan rooting. Kerugian yang kedua yaitu apabila gagal root, maka hape akan mati, dan harus di flash ulang. Jadi dengan keuntungan yang lumayan, resikonya juga cukup tinggi. Silakan anda putuskan, apakah tetap me-root android anda, atau dibiarkan tanpa rooting.

Untuk sementara cukup sekian dulu info yang saya berikan. Tentang tata cara rooting, saya masih belum sempat untuk mempostingnya. Tenang, bisa anda tanyakan hal itu lewat Google. :D
Happy Rooting!! :)

Posting Komentar