Aplikasi yang Wajib Ada di Gadget Android

Android makin lama makin berkembang, sekarang sudah mencapai versi Kitkat. Tapi sampai sekarang gadget yang saya pegang masih belum berubah -_- yaitu GT-S5360 dengan sistem operasi android Gingerbread. Nah dengan evolusi yang sangat cepat, semakin membuat banyak orang berlomba-lomba beralih ke Android. Tapi kayaknya sebagian dari pengguna android sekedar membeli tanpa memanfaatkan benar-benar fitur dari gadget yang mereka beli.

Nah daripada gadget yang udah mahal-mahal dibeli kurang dimaksimalkan manfaatnya, ini ada beberapa jenis aplikasi wajib, yang dikelompokkan menurut golongannya, yang bakal membuat gadget android lebih bermanfaat. Let's check it out :D


  1. Email Client, yaitu aplikasi gmail ataupun email lainnya bawaan dari gadget anda. Selain itu adapula aplikasi email lainnya seperti Enhanced Email atau K-9 Mail. Sementara ini email client yang saya gunakan hanya Gmail saja hehe
  2. Chat Messaging, yaitu aplikasi untuk chattingan. Contohnya yaitu BBM, Whatsapp, Line, Viber, dan lain sebagainya. Tentunya aplikasi ini berguna untuk sosialisasi dengan teman, untuk berkomunikasi dengan rekan bisnis, mendapatkan informasi-informasi dan sebagainya. Intinya gak gaul banget kalo ga ada satupun aplikasi chat yang dipasang di gadget android anda :p
  3. Social Network, yaitu aplikasi jaringan pertemanan, contohnya Facebook, Twitter, Instagram, Path, dan lain-lain. Aplikasi favorit saya yaitu TweetCaster untuk Twitter, dan Friendcaster untuk Facebook. Sementara saya memang tidak menginstall Instagram dan yang lainnya hehehe
  4. Photography, yaitu aplikasi untuk memperbagus hasil foto dari kamera kita, ada cukup banyak aplikasi ini, tapi yang paling terkenal tentu saja Camera360. Selain itu saya juga menginstall aplikasi Camera Zoom FX.
  5. Navigation, ini aplikasi yang berguna terutama buat anda yang suka bepergian. Biar ga nyasar didaerah yang belum saya kenal, saya pake aplikasi Google Maps. Untuk pergi ke Jakarta dan mengetahui rute angkutan umum, kereta dan sebagainya, favorit saya adalah Komutta.  
  6. Office Application, aplikasi untuk urusan dokumen. Mulai dari dokumen word, spreadsheet, pdf, presentasi dan lain-lain bisa dibuka di Android dengan aplikasi tertentu. Tentunya aplikasi office yang berkualitas harganya juga berkualitas hehe. Di gadget saya ada satu aplikasi office ini, yaitu OfficeSuite 7 Pro.
  7. Multimedia, aplikasi ini untuk memutar musik ataupun video. ada bermacam-macam aplikasi diantaranya VLC, MX Player,Youtube dan MoboPlayer. Moboplayer adalah video player yang saya gunakan sampai saat ini.
  8. Launcher, aplikasi untuk mengkustomisasi tampilan dari gadget anda. Yang paling terkenal mungkin adalah Go Launcher, lalu adapula ADWS Launcher. Sekarang yang saya gunakan adalah Holo Launcher, karena saya menyukai tampilan dari theme Holo.
  9. Browser, ini aplikasi wajib untuk mengakses konten-konten internet. Tentunya akan lebih mempermudah anda mengakses internet dengan aplikasi dari pihak ketiga dibanding aplikasi browser bawaan. Contoh aplikasi browser yang bisa dibilang aplikasi sejuta umat adalah Opera mini yang terkenal karena kecepatannya dan aplikasinya yang ringan saat dijalankan. Sayangnya Operamini tidak mendukung flash. Selain operamini, di Android saya juga sudah tertanam aplikasi Macthon Browser yang menurut saya cukup bagus.
  10. Religious, aplikasi ini untuk selalu mengingatkan kita dengan Tuhan kita, Allah swt. Aplikasi yang saya gunakan adalah Prayer Time Pro dan iQur'an.
  11. Tools, aplikasi untuk membantu mengatur dan memanajemen file-file dalanm gadget android. Diantaranya yaitu FX File Explorer untuk mengeksplorasi file-file yang ada di memori android dan Diskdigger untuk merecovery file yang terhapus.
  12. Education, ini berguna bagi para mahasiswa dan siswa sekolah. Diantaranya ada kamus, ensiklopedia, kalkulator dan lain-lain.
  13. Security, ini berfungsi untuk menangkal program-program jahat merusak Android. Yang sampai saat ini saya gunakan adalah AVG Antivirus.
  14. Notes, berguna untuk mencatat berbagai hal penting, planning, to do list dan sebagainya. Saya memiliki beberapa aplikasi seperti Evernote, Private Diary, Extensive Notes Pro, VCorganizer, dan Onote.
  15. Games, ini sekedar untuk hiburan. Aplikasinya bermacam-macam ada Angry Bird, Flappy Bird, Where's My Water, dan sebagainya.
Baik cukup sekian postingan saya kali ini, semoga ada manfaatnya dan bisa membuat gadget anda lebih produktif lagi hehe :) Silahkan bagi yang ingin mengoreksi atau menambahkan langsung komen saja di kolom komentar yang tersedia.

Posting Komentar