Pentingkah Promosi Blog Manual??

Hmm kadang ini memang menjadi pertanyaan tersendiri buat sebagian kalangan. Promosi blog dengan cara manual yaitu dengan melakukan komentar di berbagai blog dengan tujuan mempromosikan blognya, meyebarkan URL ataupun anchor text di berbagai situs jejaring sosial, mengoptimalkan Meta Tag, melakukan spamming terhadap email orang lain dan bahkan berpromosi lewat dunia nyata melalui promosi lisan.
Oke, sebenarnya pentingnya promosi itu ditentukan dari isi blognya dan tujuan blogging nya itu sendiri. Jika blog itu hanya berisi curahan hati saja, tentu tidak perlu susah payah untuk berpromosi karena memang jenis blog tersebut biasanya kurang menarik minat pengunjung, kecuali bagi teman-teman dekat dari si blogger itu. Nah yang membutuhkan strategi promosi blog yaitu blog-blog yang berisi informasi-informasi faktual, karya-karya, promosi produk, tips-tips, dsb. Berikut adalah keuntungan dari promosi blog secara manual :

  1. Blog lebih cepat dikenal
  2. Mendapat banyak traffic
  3. Bagi para pengguna AdSense tentu sangat menguntungkan
  4. Meningkatkan PageRank
  5. Menambah banyak kenalan di dunia maya.
Sementara itu ada pula beberapa kerugiannya :
  1. Bisa dicap sebagai spammer
  2. Bila promosinya terlalu intens dan mengganggu, bisa diblack list oleh blogger-blogger lainnya
  3. Bila promosi melalui lisannya terkesan membosankan, orang lain tidak akan mengunjungi blog tersebut dan hanya akan menghabiskan tenaga saja.
Oke, semua tulisan diatas murni hasil pemikiran dan pandangan saya, dipersilakan berkomentar bagi yang tidak sependapat dengan artikel ini. Semoga bisa menjadi bahan pertimbangan dalam melakukan promosi blog. Saya sendiri memang sependapat kalau promosi blog itu penting, namun tetap gunakan cara-cara yang santun agar tidak merugikan pihak lain.

Posting Komentar