Cara Mendaftarkan Blog ke Search Engine

Tentunya setiap pemilik blog, ingin agar blognya menjadi lebih populer dan dikenal oleh banyak orang karena dengan begitu, pengunjung akan terus berdatangan dan meningkatkan trafik blog tersebut. Namun tahukah anda cara untuk mempopulerkan blog anda??

Cara mendaftarkan blog kita ke mesin pencari, amatlah mudah. Kita tinggal mendaftarkan URL kita pada mesin pencari, dan merekapun akan mengindeks blog kita.

Kali ini saya akan menjelaskan cara untuk mendaftarkan blog anda pada dua search engine terkenal, yaitu Google dan Yahoo!


1. Mendaftar di Google
Untuk mendaftarkan blog pada Google, silahkan kunjungi alamat link ini http://www.google.com/addurl/, lalu silahkan isi form yang sudah disediakan :
  • URL, isi dengan alamat URL blog anda.
  • Comments, isi dengan keyword ataupun kata kunci yang berkaitan dengan blog anda.
  • Isi kotak verifikasi dengan huruf Verifikasi yang tersedia.
  • Klik tombol Add URL
Dengan begitu, maka anda sudah berhasil mendaftarkan blog anda di search engine Google. Namun ada selang waktu sebelum blog anda terindeks oleh Google, bisa mencapai 3 atau 4 minggu. Apabila sudah lebih dari sebulan, blog anda tidak terindeks juga, maka anda dapat mendaftarkan kembali blog anda ke Google.

2. Mendaftar di Yahoo!
Yahoo merupakan situs search engine tertua didunia. Untuk mendaftar ke yahoo! silahkan anda kunjungi https://siteexplorer.search.yahoo.com/submit. Akan tetapi untuk mendaftar ke yahoo, anda harus terlebih dahulu mempunyai account yahoo, karena di perlukan log in terlebih dahulu ke account yahoo. Bagi yang belum punya account yahoo (email di yahoo) silahkan bikin dulu, bagi yang sudah punya, anda tinggal login dengan username serta password yang anda miliki. Apabila sudah login, nanti sudah tersedia kolom untuk di isi, silahkan isi kolom tersebut dengan URL anda, kemudian klik tombol Add URL, selesai. Jika ingin memasukan alamat feed sekalian, anda bisa memasukannya sesuai dengan alamat feed blog anda.

Posting Komentar