Trik Pencarian dengan Google

Postingan ketiga saya kali ini masih berkaitan dengan tips internet. Tentunya para netter selalu berhubungan dengan google. Nah, saya harap postingan ini dapat membantu para netter untuk mempermudah googling :)

Tahukah anda bahwa ada beberapa trik khusus dalam melakukan pencarian di Google?? Dengan trik ini anda dapat melakukan pencarian hanya kepada file tertentu, melakukan pencarian didalam situs tertentu, dsb. Berikut adalah cara menerapkan trik tersebut.


  • Penggunaan Tanda Petik (“)
    Tanda petik digunakan untuk memperkecil kesalahan pencarian. Contohnya apabila kamu memasukkan kata “Izzi Foxwolf” pada search engine Google, maka Google akan menampilkan kata Izzi Foxwolf (tidak terpisah). Jadi, tanda petik berguna untuk menggabungkan kata sehingga hasil pencarian lebih relevan dan memperkecil tingkat kesalahan pencarian. 
    • Pencarian File berdasarkan Jenis File
      Perintah yang digunakan adalah filetype:jenisfile. Jadi apabila kamu ingin mencari file berjenis PDF maka perintah yang diketikkan pada search engine Google adalah filetype:pdf. Kamu tidak boleh menambahkan spasi setelah kata filetype: karena syntax ini sangat sensitif. Google bisa mencari sampai 13 jenis file, yaitu :

           · Adobe Portable Document Format (PDF)
           · Adobe PostScript (ps)
           · Lotus 1-2-3 (wk1, wk2, wk3, wk4, wk5, wki, wks, wku)
           · Lotus Wordpro (lwp)
           · MacWrite (mw)
           · Microsoft Excel (xls)
           · Microsoft Word (doc)
           · Microsoft PowerPoint (ppt)
           · Microsoft Works (wks, wps, wdb)
           · Microsoft Write (wri)
           · Rich Text Format (rtf)
           · Shockwave (swf)
           · Text (txt), dan lain-lain.
        Sumber : www.google.com/help/faq_filetypes.html 

        • Mencari Bagian dari URL
          Pada umumnya kita mencari berdasarkan isi dari sebuah halaman HTML, tapi sebenarnya proses pencarian bisa sangat bervariasi sekali, kita bisa mencari bagian URL yang tidak dapat kita ketahui dengan cara tertentu. Sebagai contoh kamu ingin mencari URL yang ada kata forum, seperti myquran.org/forum. Pencarian ini bisa dilakukan dengan menggunakan syntax inurl dan allinurl. Fungsi keduanya sama saja yaitu mencari URL, perbedaannya adalah inurl bisa digabung dengan operator lain sedangkan allinurl tidak bisa digabung dengan operator lain. Sebagai contoh, masukan kata inurl:admin forum maka hasil pencarian yang ditampilkan adalah situs-situs yang mempunyai kata Admin pada URL dan Forum pada halaman isi. Berbeda dengan jika kita memasukan allinurl:admin forum dimana perintah ini akan menampilkan semua situs yang mempunyai kata admin dan forum pada URL nya. Sama seperti perintah filetype, kamu tidak boleh memasukkan spasi setelah kata inurl atau allinurl.
          • Mencari Kata dalam Situs Tertentu
            Perintah ini berfungsi untuk melakukan pencarian kata dalam sebuah situs. Misalnya kamu ingin mencari kata Komputer di situs www.detik.com, maka perintah yang kamu masukkan adalah site:www.detik.com Komputer.

            • Mencari Link
              Operator ini berfungsi untuk mencari situs-situs mana saja yang mempunyai link tertentu, Contohnya kamu akan mencari situs mana saja yang memuat link ke situs www.fxi-foxwolf.blogspot.com maka kamu tinggal memasukan perintah link: www.foxwolfizzi.wordpress.com. Sehingga Google akan menampilkan situs – situs yang memiliki link ke www.fxi-foxwolf.blogspot.com.

              Posting Komentar